Current Issue

Vol 18 No 1 (2020): SULUH PENDIDIKAN (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan)

PENGANTAR REDAKSI

         Dunia dihebohkan oleh adanya pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Covid-19 disinyalir mulai mewabah 31 Desember 2019 di Kota Wuhan Provinsi Hubei Tiongkok yang kemudian menyebar hampir keseluruh penjuru dunia dengan sangat cepat, sehingga WHO tanggal 11 Maret 2020 menetapkan wabah ini sebagai pendemi global. Ribuan orang menjadi korban meninggal. Rumitnya penanganan wabah ini menyebabkan para pemimpin suatu Negara menerapkan kebijakan yang super ketat untuk memutus mata rantai Covid-19. Social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi suatu kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kebijakan yang ditetapkan pemerintah tentu memiliki dampak, baik positif maupun negartif. Dampak negatifnya dapat dirasakan pada segala aspek kehidupan. Demikian juga pada sektor pendidikan. Keputusan pemerintah yang mendadak mengubah proses pembelajaran di sekolah menjadi di rumah, membuat banyak pihak terkait menjadi kebingungan, timbul kekacauan dalam pelaksanaan karena faktor ketidaksiapan melaksanakan pembelajaran secara daring. Faktor ketidaksiapan pembelajaran daring di antaranya disebabkan oleh kemampuan penguasaan teknologi masih rendah, sarana dan prasarana tidak memadai/terbatas, jaringan internet, serta biaya.

Pandemi Covid-19 mampu mengubah tatanan kehidupan termasuk pula dunia pendidikan. Namun, para penulis yang berkecimpung dalam dunia pendidikan tidak mandeg untuk meningkatkan diri mencapai profesionalitasnya sebagai pendidik. Mereka tetap menulis dan menggunakan cara-cara terbaik, efektif, inovatif untuk meningkatkan prestasi belajar para siswa dan sudah tentu, tidak melupakan pembentukan karakter siswa.

Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) juga terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya menuju terakreditasi. Pada Volume 18 No.1 Juni 2020, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) sudah memiliki DOI dengan Prefiks 10.46444. Pada edisi kali ini, ada lima tulisan berasal dari guru-guru SMA. Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) terbitannya dimulai dengan artikel yang berjudul “Model Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Melalui Group Investigasi Peserta Didik” yang ditulis oleh I Made Sudirta, Guru SMA Negeri 1 Penebel, yang bertujuan untuk ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kuantum mampu meningkatkan prestasi belajar biologi melalui group investigasi siswa kelas XII MIPA 1 setelah digunakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

Tulisan kedua, dari seorang Guru SMA Negeri 1 Tegallalang, I Nyoman Sudana dengan judul artikel “Implementasi Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia  tentang Teks Prosedur Siswa SMA Negeri 1 Tegallalang” yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang Teks Presedur melalui implementasi model pembelajaran Inquiri siswa SMA Negeri 1 Tegallalang.

Dalam artikel ketiga, Dewa Made Jebeg, Guru SMA Negeri 1 Tegallalang, menulis dengan judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Fungsi Komposisi Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Stad Siswa  SMA Negeri  1 Tegallalang”, yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika fungsi komposisi siswa SMA  Negeri  1 Tegallalang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Seorang Guru juga dari SMA Negeri  1 Tegallalang, Ni Made Kadek Sartini, menulis dengan judul artikelnya “Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Tegallalang”, yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Tegallalang melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS.

Penulis artikel kelima, juga seorang guru, Wayan Sutena dari SMA Negeri 1 Tegallalang, dengan judul artikelnya ”Peningkatan Prestasi Belajar Berbicara Bahasa Inggris Materi talking on the phone melalui metode role play Siswa SMA Negeri  1 Tegallalang”, yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar berbicara bahasa Inggris melalui penggunaan metode Role Play  siswa SMA Negeri 1 Tegallalang.

Tulisan kolaborasi dari Ni Made Mila Ardani, I Made Aryantha, Gede Ngurah Oka Diputra, Wayan Sudiarta, berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika”, yang bertujuan meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry.

Tulisan kolaborasi juga dari Luh Indah Permata Sari; Putu Ayu Paramita Dharmayanti; I Nengah Astawa berjudul “Penggunaan Four Corners With Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kuta“, yang bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan berbicara siswa kelas 8 di SMPN 2 Kuta tahun akademik 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui penerapan four corners with picture.

I Made Yasna, Ni Wayan Dian Permana Dewi, I Gusti Agung Handayani, dengan berkolaborasi menulis artikel berjudul “Matematika Dalam Perhitungan Wewaran Pada Sistem Tahun Wuku (Pawukon) Di Bali : Suatu Kajian Pustaka”.

Satu-satunya artikel berbahasa Inggris ditulis dengan kolaborasi oleh Anak Agung Putu Arsana, I Gusti Agung Putri Wirastuti, Tesalonika Alexanderina Serowero, berjudul “Improving Speaking Skill Of SMP Budi Utama Kerobokan Students Through Inside Outside Circle With Video”, yang tujuan The study of this research was to figure out the improvement of speaking skill of the eighth grade students of SMP Budi Utama Kerobokan in academic year 2019/2020 through inside outside circle with video.

Sebagai penulis terakhir, Ni Putu Dessy Mayuni Apsari, menulis artikel berjudul “Pengaruh Blended Learning Berbasis Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Tingkat Kecerdasan Logis Siswa”, yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran blended learning berbasis video pembelajaran.

Dengan online-nya Jurnal Suluh Pendidikan kali ini, kami segenap pengurus Dewan Redaksi Suluh Pendidikan mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama semua pihak yang telah mendukung kelancaran dan konsistensi penerbitan Jurnal Suluh Pendidikan.

 

 

Dewan Redaksi

Published: 2020-06-26

Articles

View All Issues

Indexed by :