MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIALAJU REAKSI DENGAN METODE DISCOVERY MELALUI KEGIATAN LABORATORIUM SISWAKELAS XI MIPA.6 SMA NEGERI 1 UBUD

  • I Wayan Gede Kardana IKIP Saraswati
Keywords: metode discovery melalui kegiatan laboratorium, hasil belajar kimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia laju reaksi siswa kelas XI MIPA.6 SMA Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2019/2020 dengan metode discovery melalui kegiatan laboratorium. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasdengansubjek penelitian berjumlah36siswayangdiajarkandenganmetodediscovery melalui kegiatan laboratorium. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus penelitian dengan tahapan dalam tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakanadalahlembarobservasi,teshasilbelajar. Dari hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa pembelajaran dengan metode discovery melalui kegiatan laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar kimia Laju Reaksisiswa kelas XI MIPA.6 SMA Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat ditunjukan bukti bahwa nilai rata-rata (mean) awal sebesar 67,17 meningkat pada siklus tindakan I sebesar 79,89 dan meningkat lagi pada siklus tindakan II sebesar 86,06. Data ketuntasan belajar siswa pada awal hanya sebesar 41,67% meingkat pada siklus tindakan I sebesar 97,22% dan meningkat lagi pada siklus tindakan II sebesar 100%.

Published
2020-12-25