IMPLEMENTASI PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 TEGALLALANG

  • I Ketut Sueca IKIP Saraswati
Keywords: inquiry based learning, multimedia, hasil belajar kimia, SMAN1 Tegallalang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajarkimiasiswa dengan implementasi pendekatan Inquiry Based Learning berbantuan multimedia pada pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XMIPA 5 SMA Negeri 1 Tegallalang sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-ratahasilbelajarkognitifpadaawal sebesar 70,47meningkat pada siklus I sebesar 78,72 dan meningkat pada siklus II sebesar 84,61, ketuntasan belajar awal sebesar 47,22% meningkat pada siklus I sebesar 77,78% dan meningkat pada siklus II sebesar 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkanbahwaimplementasi pendekatan Inquiry based learning berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasilbelajar kimia siswakelas X MIPA.5 SMA Negeri 1 Tegallalang tahun pelajaran 2019/2020.

Published
2020-12-24