MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVINGDAPAT MENINGKATKANPRESTASI BELAJARLIMIT FUNGSI TRIGONOMETRI SISWA SMA NEGERI 1 TEGALLALANG

  • Ni wayan Astiti IKIP Saraswati
Keywords: Prestasi Belajar Matematika, Model Creative Problem Solving

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasibelajar matematika limit fungsi
trigonometrisiswa SMA Negeri 1 Tegallalang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui
pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS). Subyek penelitian iniadalah siswa
Kelas XII IPA.2 SMA Negeri 1 Tegallalang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah
30 orang dengan kemampuan prestasi belajar matematika masih belum mencapai
ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan sekolah sebesar 75. Jenis Penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas, dengan metode pengumpulan, metode observasi dan metode
tes, selanjutnya data dianalisis dengan metode deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis data
menunjukkankesimpulan bahwamodel Creative Problem Solving dapat meningkatkan
prestasi belajar matematika limit fungsi trigonometri siswaKelas XII IPA.2 SMA Negeri 1
Tegallalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penigkatan prestasi matematika ini dapat terlihat dari
keadaan nilai rata-rata awal sebesar 67,50 dengan ketuntasan awal sebasar 36,67%,
meningkat pada siklus I rata-rata sebesar 79,70 dengan ketuntasan belajar 86,67%,
meningkat lebih besar pada siklus II sebesar rata-rata 84,50 dengan ketuntasan belajar
100% dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah sebesar 75.

Published
2020-12-24