PENINGKATAN PRESTASI BAHASA INDONESIA DALAM MENENTUKAN GAGASAN POKOK PARAGRAF DENGAN METODE SNOWBOLL THROWING SISWA SMP NEGERI 1 PETANG

  • I Made Antara IKIP Saraswati
Keywords: prestasi belajar, gagasan pokok paragraf, snowboll throwing

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan nuntuk meningkatkan prestasi belajar
Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Pokok Paragraf, siswa kelas VII B SMP Negeri 1
Petang tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan tes prasiklus yang dilakukan rata-rata nilai
yang diperoleh siswa adalah 70,26 dengan ketuntasan belajar mencapai 52,63%.
Sedangkan standar nilai yang ditentukan sekolah untuk mata pelajaran bahasa Indonesia
bagi kelas VII adalah 78. Dalam kegiatan belajar dan mengajar siswa cenderung
mendengarkan informasi dari guru dan guru sebagai pusat (teacher centred). Untuk
mengatasi hal tersebut peneliti berupaya melakukan perbaikan-perbaikan melalui
penerapan metoda belajar Snowboll Throwing. Dengan cara ini diyakini dapat
meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII B SMP Negeri 1
Petang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Petang pada kelas VII B tahun pelajaran
2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Penelitian ini dilakukan dalam
dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah, yaitu (1) perencanaan
(planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting).
Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dan dilakukannya
refleksi ternyata adanya peningkatan pencapaian. Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata
78,42, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,31. Siswa yang tuntas pada siklus I
sebanyak 28 orang atau 73,68%, pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 38
orang atau 100%.
Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan
menerapkan metode Snowboll Throwing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat
meningkatkan prestasi belajar mata poelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII B
SMP Negeri 1 Petang secara signifikan

Published
2020-12-24