MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI GROUP INVESTIGASI PESERTA DIDIK

  • Made Sudirta Ikip Saraswati
Keywords: model pembelajaran kuantum, group investigasi, prestasi belajar biologi

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini tergolong penelitian tindakan kelas. karena dilakukan di
dalam kelas. Penelitian ini mengambil 31 orang peserta didik yang sedang belajar di kelas
XII IPA 1 pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SMA Negeri 1 Penebel. Penelitian
tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kuantum
mampu meningkatkan prestasi belajar biologi melalui group investigasi siswa kelas XII
MIPA 1 setelah digunakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Keyakinan yang
muncul dari awal adalah bahwa penggunaan model pembelajaran tradisional yang
digunakan guru sehari-hari merupakan penghambat peningkatan prestasi belajar yang
diharapkan sehingga peneliti memilih model yang lebih bersifat konstruktivitas. Setelah
data dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar dan dianalisis menggunakan analisis
deskriptif, diperoleh prestasi belajar siswa dari data awal diperoleh 66,29, pada siklus I
meningkat rata-rata tersebut menjadi 69,68 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi
79,00 dengan ketuntasan belajar yang pada awalnya 64,52% meningkatkan menjadi
74,19% pada siklus I dan meningkat menjadi 93,55% pada siklus II. Kesimpulan yang
dapat diambil dari pelaksanaan yang telah dilakukan secara maksimal mengikuti teori-teori
para ahli pendidikan adalah model pembelajaran kuantum melalui group investigasi dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa.

Published
2020-06-27