PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRYSEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASIBELAJAR MATEMATIKA

  • Ni Made Mila Ardani IKIP Saraswati
  • I Made Aryantha IKIP Saraswati
  • Gede Ngurah Oka Diputra IKIP Saraswati
  • Wayan Sudiarta IKIP Saraswati
Keywords: model pembelajaran guided inquiry, aktivitas, prestasi belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar dalam pembelajran matematika siswa kelas VIIH SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sampai dua siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data aktivitas yang dikumpulkan dengan mengisi lembar observasi dan prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan memngunakan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIIH SMP Negeri 2 Tabanan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar sebesar 2,23 (tergolong cukup aktif) dan pada siklus II sebesar 3,22 (tergolong aktif). Jadi peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 0,99 atau 44,39%. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata skor prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 68,06 dan pada siklus II 81,11. Jadi peningkatan rata-rata skor prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,05 atau 19,17%.

Published
2020-06-27