PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN LOGIS SISWA

  • Ni Putu Dessy Mayuni Apsari IKIP Saraswati
Keywords: blended learning, video pembelajaran, pemecahan masalah, tingkat kecerdasan logis siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa yang mengikuti pembelajaran blended learning berbasis video
pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kombinasi dengan menggunakan concurrent
mixed methods yang mengkombinasikan metode kuantitatif dan metode kualitatif.
Penelitian kuantitatif menggunakan Posttest OnlyControl Designsementara penelitian
kualitatif menggunakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 524 siswa dari
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tabanan. Pengambilan sampel dengan teknik
cluster random sampling dilakukan setelah diuji kesetaraannya. Data kuantitatif diperoleh
dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah kemudian dianalisis dengan menggunakan
Uji ANAVA Dua Jalur. Data kualitatif diperoleh dengan menggunakan angket, wawancara
semi terbuka, dan lembar observasi. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa:
Blended learning berbasis video pembelajaran berpengaruh positif karena dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran blended learning
berbasis video pembelajaran lebih tinggi dari kemampuan siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa setelah belajar
dengan blended learning berbasis video pembelajaran siswa menjadi: semangat dan lebih
termotivasi dalam menyelesaikan permasalahan matematika; lebih mandiri dan lebih
berani mengemukakan pendapat atau kesulitannya saat belajar dalam diskusi secara online.

Published
2020-06-27