PENGGUNAAN FOUR CORNERS WITH PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KUTA

  • Luh Indah Permata Sari IKIP Saraswati
  • Putu Ayu Paramita Dharmayanti IKIP Saraswati
  • I Nengah Astawa IKIP Saraswati
Keywords: meningkatkan, four corners with picture, keterampilan berbicara.

Abstract

Berbicara merupakan keterampilan yang penting karena diasumsikan bahwa inilah cara pembicara menyampaikan pikiran dan perasaan mereka. Hasil pre-test menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII C di SMPN 2 Kuta tahun akademik 2019/2020 menghadapi masalah dalam berbicara. Selain itu, mereka mengalami kesulitan dalam kelancaran berbicara, pemahaman, dan tata bahasa. Disamping itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keterampilan berbicara siswa kelas 8 di SMPN 2 Kuta tahun akademik 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui penerapan four corners with picture. Jadi, untuk mencapai studi objektif, peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas. Penelitian diselesaikan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 sesi. Intrumen penelitian diberikan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data yang di dapatkan di analisis dengan membandingkan hasil dari pre-test dan post-test yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari skor rata-rata subjek pada pre-test ke post-test. Sebagai data pendukung, kuesioner juga diberikan pada siklus terakhir dan hasilnya menunjukkan tanggapan positif pada implementasi dari four corners with picture dalam meningatkan keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil pre-test, post-test dan kuesioner, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas 8 di SMPN 2 Kuta tahun akademik 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui four corners with picture.

Published
2020-06-27