PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS MATERI TALKING ON THE PHONEMELALUI METODE ROLE PLAY SISWA SMA NEGERI 1 TEGALLALANG

  • wayan sutena Ikip Saraswati
Keywords: prestasi belajar berbicara bahasa Inggris, metode role play

Abstract

Hasil observasi peneliti di SMA Negeri 1 Tegallalang adalah adanya temuan masih
rendahnya prestasi belajar siswa dalam berbicara bahasa Inggris tentang materiTalking on
the phone di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tegallalang, hal tersebut dapat terlihat dari
nilai rata-rata sebesar 73,89 masih di bawah KKM ditetapkan sebesar 77. Untuk
meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris tersebut maka perlu perbaikan pembelajaran
melalui penelitian tindakan kelas yang berjudul Peningkatan Prestasi Belajar Berbicara
Bahasa Inggris Materi Talking On The Phone Melalui Metode Role Play Siswa SMA
Negeri 1 Tegallalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar
berbicara bahasa inggris melalui penggunaan metode Role Play siswa SMA Negeri 1
Tegallalang. Penelitian ini menggunakan tindakan kelas (Action Research) dengan 2 siklus,
dan setiap siklusnya melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar berbicara
bahasa inggris dengan nilai rata-rata sebesar 73,89 pada pra siklus katagori masih kurang,
meningkat sebesar 78,88 pada siklus tindakan I katagori cukup baik dan meningkat lagi
pada siklus tindakan II sebesar 82,84 katagori baik, demikian juga halnya pada ketuntusan
belajar semakin meningkat pada pra siklus hanya 28,57% memingkat pada siklus tindaka I
sebesar 82,86% dan meningkat lagi sebesar 100% dari 35 siswa. Simpulan penelitian
adalah penggunaan metode Role Play dalam pembelajaran Bahasa Inggris Materi Talking
on the phone dapat meningkatkan prestasi belajar berbicara bhasa inggris siswa di
Kelas XI IPA 1 semester dua SMA Negeri 1 SMA Negeri 1 Tegallalang tahun pelajaran
2018/2019.

Published
2020-06-27