PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 TEGALLALANG

  • Ni Made Kadek Sartini Ikip Saraswati
Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Prestasi Belajar Kimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa SMA Negeri 1
Tegallalangmelalui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan
LKS.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan,
pelaksanana tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus dengan tiga kali tatap muka untuk setiap siklus. Data prestasi belajar siswa
dikumpulkan dengan mengunakan tes prestasi belajar setelah diberikan pembelajaran
melalui pendekatan konstruktivistik untuk melatih pemahaman konsep siswa. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa dalam mengikuti
pembelajaran kimia dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan bantuan
LKS untuk melatih pemahaman konsep siswa melalui pendekatan konstruktivis. Pada
siklus I diperoleh nilai rata kelas 80.84 dengan ketuntasan belajar sebesar 83,87%. Pada
siklus II perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 8352dengan ketuntasan belajar sebesar
96.77%. Jadi dari siklus ke siklus hasil belajar siswa mengalami peningkatan sesuai dengan
target pencapaian kurikulum yaitu ketuntasan belajar secara klasikal 80 % dengan kreteria
ketuntasan minimal sebesar 77. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS dapat meningkatkan Prestasi
Belajar KimiaSiswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Tegallalang tahun Pelajaran
2017/2018.

Published
2020-06-27