IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG TEKS PROSEDUR SISWA SMA NEGERI 1 TEGALLALANG

  • I Nyoman Sudana Ikip Saraswati
Keywords: model pembelajaran inquiri, Hasil belajar Bahasa Indonesia

Abstract

Rumusan masalah penelitian uni adalah apakah melalui implementasi model pembelajaran
Inquiridapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang Teks Presedur siswa
SMA Negeri 1 Tegallalang . Adapun tujuan penelitiantindakan ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesiatentang Teks Presedur melalui implementasi
model pembelajaran Inquiri siswa SMA Negeri 1 Tegallalang. Subyek penelitian iniadalah
siswa Kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Tegallalang berjumlah 30 orang yang memiliki
hasil belajar bahasa Indonesia masih belum mencapai ketuntasan belajar minimal yang
ditetapkan sekolah sebesar 77.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
dua siklus tindakan, masing-masing siklusterdiri dari perencanaan, pelaksanana,
pengamatan,evaluasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan
metode tes,selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis
memberikan simpulan dalam penelitian ini bahwamelalui implementasi model
pembelajaran Inquiridapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang Teks
Presedur siswa kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Tegallalang tahun pelajaran 2019/2020.
Penigkatan ini dapat terlihat dari keadaan nilai rata-rata awal sebesar70,10dengan
ketuntasan awal sebasar 50%, meningkat pada siklus I rata-raa sebesar 79,70 dengan
ketuntasan belajar 80%, meningkat lebih besar pada siklus II sebesar rata-raa 85, 17
dengan ketuntasan belajar 96,67% dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang
ditetapkan sekolah sebesar 77.

Published
2020-06-27