Current Issue

Vol 17 No 1 (2019)
Jurnal Suluh Pendidikan Volume 17, Nomor 1, Juni 2019

PENGANTAR REDAKSI

 

Hadirnya Jurnal Suluh Pendidikan Volume 17, Nomor 1, Juni 2019 telah genap setahun dalam dua versi, yakni cetak (print) dan daring (on-line). Dengan publikasi cetak dan daring itu sehingga artikel/paper yang isinya terdapat deskripsi dari riset/penelitian para guru dan dosen atau mahasiswa, akan dengan mudah diakses serta diunduh bahkan disitasi oleh masyarakat luas. Sitasi merupakan sebuah penghargaan atau penghormatan terhadap orang lain. Namun, permasalahan yang muncul adalah cara sitasi yang beretika sangat minim diperhatikan. Menggunakan tata cara sitasi yang baik dan beretika adalah mengutip kalimat atau pernyataan orang lain atau dari sumber lain dengan menyebutkan nama orang atau sumber lain tersebut pada tulisan yang sedang dikerjakan. Etika kutipan merupakan aspek yang sangat penting dalam penulisan karya ilmiah, dan merupakan cermin dari integritas, kejujuran, dan keterbukaan di kalangan akademisi atau masyarakat ilmiah di perguruan tinggi.

Pada edisi kali ini, Jurnal Suluh Pendidikan menghadirkan sepuluh artikel dari berbagai disiplin keilmuan. Sebagai artikel pembuka, yakni “Penilaian Kemampuan Siswa dalam Menulis Paragraf Deskriptif Menggunakan Picture-Stimulated Writing Test” karya bersama Ni Putu Priska Purnama Dewi dan Putu Ayu Paramita Dharmayanti. Artikel ini dimaksudkan untuk mengetahui pencapaian kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Dwijendra Denpasar di tahun akademik 2018/2019, yang dinilai dengan menggunakan picture-stimulated writing test.

Artikel kedua, “Strategi Perubahan Konseptual dengan Bimbingan Supervisi Klinis Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Matematika di SMP Negeri 3 Tabanan” juga karya bersama, yakni Ida Bagus Anom Sutanaya, I Wayan Nayun, I Wayan Sudiarta, dan Gede Ngurah Oka Diputra. Para penulis yakin bahwa akan meraih dua keuntungan sekaligus dalam Strategi Perubahan Konseptual dengan Bimbingan Supervisi Klinis Mahasiswa PPL, yakni menerapkan inovasi pembelajaran dan menerapkan pendekatan bimbingan klinis dalam membimbing mahasiswa.

I Gusti Agung Putri Wirastuti dan Anak Agung Putu Arsana sebagai penulis artikel ketiga, mengetengahkan “Menilai Pemahaman Membaca Siswa Kelas Delapan SMPN 2 Manggis Melalui Cloze Task” dengan menitikberatkan untuk mengukur kemampuan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMPN 2 Manggis dengan menggunakan prosedur cloze task.

Hadirnya gadget telah merangsek daya baca dan tulis di kalangan anak-anak “zaman now” sehingga perlu terobosan untuk mengatasinya. Ni Nyoman Karmini, Desak Nyoman Alit Sudiarthi, dan Ni Made Sueni dengan artikel berjudul “Strategi Menumbuhkan Budaya Menulis Siswa: Suatu Kajian Pustaka” mencoba menawarkan salah satu solusi membentengi ketergantungan anak atau usia sekolah terhadap gadget.

Artikel keenam, berjudul “Kontribusi Nilai-Nilai Sosial Budaya Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMP Negeri 1 Selemadeg Timur” disampaikan secara kolaboratif oleh I Ketut Sukanta, I Ketut Ardana, Dewa Subrata, dan I Made Arianta. Ada tiga poin yang dapat dihasilkan dari penelitian ini, yaitu (1) derajat hubungan nilai-nilai sosial budaya terhadap kreativitas belajar siswa, (2) kontribusi nilai-nilai sosial budaya terhadap kreativitas belajar siswa, dan (3) signifikansi hubungan nilai-nilai sosial budaya dengan kreativitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur.

Hasil penelitian kolektif, antara lain Ni Wayan Ekayanti, Gusti Ayu Dewi Setiawati, I Made Diarta, dan C.S. Murdo Yuwono, Dewa Ayu Puspawati hadir dengan tema “Implementasi Lesson Study untuk Membangun Komunitas Belajar di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mahasaraswati Denpasar” bertujuan untuk membentuk komunitas belajar di program studi pendidikan biologi dengan mengimplementasikan lesson study dalam kegiatan pembelajaran.

Satu-satunya artikel berbahasa Inggris disampaikan oleh Gusti Ayu Gede Sukraningsih dan Ni Made Sueni yang mengangkat tema, “Character Education Practice in English Learningt to The Students of SMA Negeri 4 Denpasar.”

Artikel berjudul ”Desain Pembelajaran Perkalian Bilangan Cacah dengan Equal Groups Menggunakan Alat Peraga Dakon Bagi Siswa Kelas II SD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep” karya Ni Made Serma Wati merupakan penelitian yang menekankan pada pemahaman konsep tentang operasi perkalian dan mengkonversinya ke dalam bentuk penjumlahan menggunakan bantuan alat peraga dakon (teori pembelajaran lokal materi perkalian).

Tulisan kesembilan oleh Putu Ayu Kusuma Dewi dan Dewa Nyoman Oka berjudul “Peran Problem Based Learning dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA: Suatu Kajian Pustaka” yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran Problem Based Learning dalam upaya peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA.

Artikel berjudul “Karakteristik Tes Prestasi Belajar Model Campuran Dikotomus Dan Politomus Generalized Partial Credit Model (GPCM) oleh Anak Agung Purwa Antara, I Made Yasna, Ni Wayan Dian Permana Dewi, dan I Made Maduriana merupakan tulisan penutup pada edisi kali ini.

Perjalanan panjang Jurnal Suluh Pendidikan yang selalu hadir di tangan para pembaca, tidak lain karena peran yayasan, pimpinan kampus, dan kerja sama internal kami yang solid dalam menangani jurnal, baik yang cetak maupun daring serta para kontributor yang dengan “ikhlas” menyampaikan tulisan-tulisannya dalam Jurnal Suluh Pendidikan Volume 17, Nomor 1, Juni 2019, pada kesempatan kali ini kami dari jajaran redaksi mengucapkan banyak terima kasih.

 Redaksi

Published: 2019-07-03

Articles

View All Issues