Current Issue

Vol 18 No 2 (2020): SULUH PENDIDIKAN (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan )

PENGANTAR REDAKSI         

       Pandemi Covid-19 mampu mengubah tatanan kehidupan termasuk pula dunia pendidikan. Dalam era new normal ini, pelaksanaan pendidikan di IKIP Saraswati dilaksanakan secara kolaborasi, maksudnya adalah misalnya minggu ini tatap muka, maka minggu selanjutnya daring. Demikian seterusnya. Dalam era new normal ini, di samping melaksanakan tugas mengajar, para Dosen disibukkan dengan pengisian diri lewat seminar-seminar daring, baik secara nasional maupun internasional. Namun, disela-sela kesibukannya, para dosen juga penulis lainnya, yakni guru-guru masih bisa melaksanakan tugasnya menulis sebagai wujud kenerjanya sebagai tenaga professional.

          Meskipun kondisinya demikian, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) juga terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya menuju terakreditasi. Pada Volume 18 No.1 Juni 2020, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) sudah memiliki DOI dengan Prefiks 10.46444. Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) telah terindeks di Google Scholar, terindeks di Portal Garuda. Untuk bisa diakredatasi, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) sudah didaftarkan di Arjuna pada tanggal 30 September 2020 dan dinyatakan lolos desk evaluasi (evaluasi dokumen) padatanggal 24 Oktober 2020, dan kini dalam proses penilaian mulai tanggal 26 November 2020.

             Pada edisi kali ini, ada empat tulisan berasal dari guru-guru. Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) terbitannya dimulai dengan artikel pertama berbahasa Inggris dengan judul “The Use Of Visualization Strategy To Improve Reading Comprehension Of The Twelfth Grade Students Of SMK Wira Harapan In Academic Year 2019/2020”, yang ditulis oleh I Gusti Agung Putri Wirastuti, dkk. Dari Universitas Mahasaraswati Denpasar dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas dua belas SMK Wira Harapan melalui strategi visualisasi.

          Artikel kedua dari seorang guru SMP N1 Petang, I Made Antara, dengan tulisannya berjudul Peningkatan Prestasi Bahasa Indonesia dalam Menentukan Gagasan Pokok Paragraf dengan Metode Snowboll Throwing Siswa SMP Negeri 1 Petang. Tujuan tulisannya adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Pokok Paragraf, siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Petang tahun pelajaran 2015/2016.
         Artikel ketiga dari seorang guru SMA Negeri 1 Tegallalang, Ni Wayan Astiti, dengan judul tulisannya Model Creative Problem Solving Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Limit Fungsi Trigonometri Siswa SMA Negeri 1 Tegallalang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika limit fungsi trigonometri siswa SMA Negeri 1 Tegallalang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS).

          Artikel keempat dari seorang guru SMA Negeri 1 Tegallalang, I Ketut Sueca, dengan judul tulisannya Implementasi Pendekatan Inquiry Based Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Tegallalang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa dengan implementasi pendekatan Inquiry Based Learning berbantuan multimedia pada pembelajaran kimia.

          Artikel kelima dari seorang Dosen Politeknik Nasional Denpasar, Hery Nugroho, dengan judul tulisan Upaya Guru Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPS Di Kelas IV Semester II SD N 01 Talun Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Tujuannya adalah Mendeskripsikan pelaksanaan tanya-jawab untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD N 01 Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan dan Mendeskripsikan pelaksanaan pemberian penjelasan untuk meningkatkan pretasi belajar siswa kelas IV SDN 01 Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan dalam pembelajaran IPS dengan kompetensi ”Memahami Pentingya Koperasi”.

          Artikel keenam satu-satunya artikel kajian pustaka dari seorang Dosen IKIP Saraswati, I Nyoman Suryawan, dkk. Dengan judul tulisan Catur Pariksa Sebagai Landasan Kepemimpinan Hindu Berbasis Kearifan Lokal ( Suatu Tinjauan Pustaka). Tujuannya adalah untuk memahami bentuk kearifan local dan kepemimpinan Hindu yang tumbuh dan berkembang pada kehidupan masyarakat khususnya di Bali ditengah serbuan arus globalisasi sebagai akibat dari kemajuan ilmu pengetuan dan teknologi.

          Artikel ketujuh juga dari Dosen IKIP Saraswati, Ni Nyoman Karmini, dkk. Dengan judul tulisannya Nilai Kemanusiaan dalam Novel Populer: Analisis Strukturalisme. Tujuan tulisannya adalah untuk mendeskripsikan unsure intrinsic dan nilai kemanusiaan novel Teman tapi Menikah.

          Artikel kedelapan juga dari Dosen IKIP Saraswati, I Nyoman Adi Susila. dkk. Dengan judul tulisannya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Cerita Bali Rajapala. Tujuan tulisannya adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita Bali berjudul Rajapala.
          Artikel kesembilan dengan judul Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Laju Reaksi dengan Metode Discovery Melalui Kegiatan Laboratorium Siswa Kelas XI MIPA.6 SMA Negeri 1 Ubud yang ditulis oleh I Wayan Gede Kardana, guru SMA Negeri 1 Ubud. Tujuan dalam tulisannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia laju reaksi siswa kelas XI MIPA.6 SMA Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2019/2020 dengan metode discovery melalui kegiatan laboratorium.
          Artikel terakhir yakni artikel kesepuluh merupakan tulisan satu-satunya yang mengambil objek dari lirik lagu Bali oleh Dosen IKIP Saraswati, I Made Suparta, dkk. dengan judul Analisis Semiotik Lirik Lagu Bungan Sandat. Tujuan tulisannya adalah untuk mendeskripsikan tanda-tanda dan makna yang terkandung dalam lirik lagu Bungan Sandat.
         Dengan online-nya Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) kali ini, kami segenap pengurus Dewan Redaksi Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) megucapkan terimakasih atas bantuan dan kerjasama semua pihak yang telah mendukung kelancaran dan konsistensi penerbitan Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan).

Ketua Dewan Redaksi

Published: 2020-12-23

Articles

View All Issues

Indexed by :