PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Krispinus Apson IKIP Saraswati
Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas dan Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Tabanan. Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Tabanan. Subyek  penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Tabanan sebanyak 31 siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar matematika siswa di peroleh dari tes prestasi. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada refleksi awal 1,90 atau 38% (kurang aktif), pada siklus I 2,79 atau 55,8% (cukup aktif) dan pada siklus II 3,73 atau 74,65% (aktif). Dengan demikian ada peningkatan aktivitas belajar siswa dari refleksi awal ke siklus I sebesar 0,89 atau 17,8% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,94 atau 18,85%. Sedangkan nilai rata-rata tes prestasi belajar siswa dari refleksi awal sampai dengan siklus II berurutan 58,71 atau 35,5%, 69,67 atau 70% dan 80,67 atau 100%. Jadi ada peningkatan prestasi belajar dari refleksi awal ke siklus I sebesar 10,96 atau 34,5% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 11 atau 30%. Dengan demikian ketuntasan belajar siswa pada siklus ke II semuanya memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Tabanan. Disarankan  agar model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Published
2019-10-30