EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VIII A MTS AL-AMIN TABANAN TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Aloysius Sutri Sensi IKIP Saraswati
Keywords: Prestasi belajar, PPKn

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjawab permasalahan dalam penelitian yaitu apakah model pembelajaran student team achievement division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa kelas VIII A MTS AL-AMIN Tabanan tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan di penelitian ini yaitu pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A MTS AL-AMIN Tabanan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil analisis data di peroleh prestasi belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran student team achievement division (STAD) masih sangat jauh dibawa KKM atau masih dalam kategori kurang sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran student team achievement division (STAD) prestasi belajar siswa semakin meningkat secara drastis dan kegiatan belajar mengajar sudah berjalan dengan lancar dan siswa semakin aktif di kelas dan bisa menyampaikan pendapat dan mengajukan pertanyaannya.

Published
2019-10-30