PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII DI MTs. AL-AMIN TABANAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Elsa Mulyati Asut IKIP Saraswati
Keywords: Peranan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Kedisiplinan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs. AL-AMIN Tabanan Tahun pelajaran 2018/2019, dan upaya yang dilakukan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kedisiplinan sisiwa kelas VII di MTs. AL-AMIN Tabanan Tahun pelajaran 2018/2019, serta peranan guru Pendidikan Panncasila dan kewarganegaraan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs. AL-AMIN Tabanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan hasil penelitian didapatkan kendala yang dihadapin guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs. AL-AMIN Tabanan, ada dua faktor yaitu faktor internal yang beasal dari diri siswa sendiri dan faktor eksternal berasal dari faktor guru. Upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs. ALAMIN Tabanan, yaitu di dalam kelas dengan cara mengaitkan materi ajar dengan kedisiplinan, seperti normanorma. Sedangkan di luar kelas melalui pembinaan, motivasi, dan pemberian sanksi bagi yang melanggar peraturan sekolah. Peranan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs. AL-AMIN Tabanan, sebagai motivator dan meberikan teladan.

Published
2019-11-01