MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 2 TABANAN

  • Ni Putu Prema Swandewi IKIP Saraswati
Keywords: Inquiry terbimbing, aktivitas, prestasi belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, melalui model pembelajaran inquiry terbimbing. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII I SMP Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 36 siswa (21 laki-laki dan 15 perempuan). Instrumen penelitian yaitu Lembar Observasi Aktivitas, RPP, LKS dan Test Objektif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menujukkan rata-rata aktivitas siswa pada refleksi awal 24,22 (kurang aktif) menjadi 29,69 (cukup aktif) pada Siklus I dengan peningkatan sebesar 22,92% dan pada siklus II rata-rata aktivitas juga meningkat menjadi 34,08 (aktif) dengan peningkatan14,73% dari Siklus I. Rata-rata prestasi belajar pada refleksi awal 67,22 menjadi 74,03 siklus I dengan peningkatan 10,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,14 dengan peningkatan 8,25% dari Siklus I. Daya serap siswa pada refleksi awal 67%, siklus I sebesar 74% dengan peningkatan 7% dan pada siklus II menjadi 80% dengan peningkatan 6%.  Ketuntasan klasikal pada refleksi awal 50%, siklus I 83% dengan peningkatan 33% dan pada siklus II 94% dengan peningkatan 11%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry terbimbing meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa SMP Negeri 2 Tabanan.

Published
2019-11-01