PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA MTs AL-AMIN TABANAN

  • Maria Anastasia Bora IKIP Saraswati
Keywords: pembelajran kooperatif . Aktivitas belajar, prestasi belajar

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam kehidupan suatu bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh pendidikan bangsa itu sendiri. Tujuan pembelajaran adalah agar siswa dapat berpikir dan  bertindak secara aktif dan kreatif oleh karena itu siswa diberi kesempatan untuk mencoba kemampuannya dalam berbagai kegiatan, untuk membantu meningkatkan aktivitas  dan prestasi belajarnya. Salah satu tindakan yang bisa dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan  aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII B Mts Al-Amin Tabanan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII B Mts Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanayak 19 orang. Skor rata-rata aktivitas belajar matematika siswa pada pada refleksi awal 2,10 dalam kategori “kurang aktif” menjadi 2,68 pada siklus I dalam gategori “cukup aktif” dan pada siklus II meningkat menjadi 4,08 dalam kategori “ sangat aktif”. Nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa  pada refleksi awal 73,43 menjadi 74,74 pada siklus I dan  meningkat menjadi 81,05 pada siklus II.

Published
2019-11-01