Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa

  • Herlina Densiana Nona IKIP Saraswati
Keywords: pendekatan pembelajaran matematika realistik, aktivitas dan prestasi belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tabanan yang berjumlah 31 orang. Data hasil penelitian menunjukkan perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada refleksi awal sebesar 24,6 dalam kriteria kurang aktif. Pada siklus I meningkat menjadi 27,38 dalam kriteria cukup aktif. Pada siklus II  rata-rata skor meningkat menjadi 34,17  dalam kriteria aktif.  Sedangkan rata-rata skor prestasi belajar siswa pada refleksi awal sebesar 61,77 dengan ketuntasan klasikal (KK) sebesar 58,06%, dapat dikatakan masih rendah. Pada siklus I meningkat menjadi 67,25 dengan KK sebesar 67,74%. Pada siklus II  rata-rata skor meningkat menjadi 79,35 dengan KK sebesar 100%, dapat dikatakan baik. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019. Diharapkan kepada pendidik matematika agar dapat menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realsitik sebagai alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa.

Published
2019-11-01