EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD

  • Ni Luh Putu Lylik Krismantari IKIP Saraswati
Keywords: Media Konkret, Motivasi, Prestasi Belajar Matematika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Konkret Terhadap Peningkatan motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 1 Gadungan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, di SD Negeri I Gadungan pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 24 orang. Objek yang diteliti adalah motivasi dan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Gadungan dengan menggunakan media konkret. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I nilai rata-rata motivasi siswa adalah 48,13 dan setelah digunakannya media konkret terjadi peningkatan motivasi siswa pada siklus II menjadi 80,21 sehingga ada kenaikan sebesar 32,08 atau 66,65

%. Begitu pula pada prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa 50,42, setelah digunakan media konkret dalam pembelajaran terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus II menjadi 87,50 sehingga ada kenaikan sebesar 37,08 atau 73,54%.

Published
2019-11-01