HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDIRI

  • Ni Nengah Surya Eriani IKIP Saraswati
Keywords: kecerdasan emosional, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian formal dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri sebanyak 160 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan random sampling dan terpilih siswa Kelas VIII B sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Tes yang digunakan adalah tes prestasi belajar matematika bentuk pilihan ganda yang diambil dari MGMP sebanyak 20 soal. Data kecerdasan emosional siswa dikumpulkan menggunakan kuisioner. Analisis instrumen menggunakan pemodelan Rasch dengan bantuan program Winstep. Analisis data menggunakan uji Korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 17.00 for windows. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,553. Korelasi yang terjadi bersifat positif dan berada dalam kategori cukup kuat.  Kontribusi variabel X dan variabel Y sebesar 30,6% dan sisanya sebesar 69,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri.

Published
2019-11-01