PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Ni Nyoman Tri Anita Putri IKIP Saraswati
Keywords: Pendekatan Scientific, Metode Diskusi, Aktivitas, Prestasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapkan pendekatan scientific melalui metode diskusi dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Penebel tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan di SMP Negeri 1 Penebel. Sebjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID yang berjumlah 32 orang. Objek yang diteliti adalah aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Penebel. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 31,03 sedangkan pada siklus II adalah 34,34. Terjadi peningkatkan aktivitas sebesar 3,31 atau 10,67%. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 72,34 dan pada siklus II nilai rata-rata adalah 82,03. Jadi terjadi peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 9,69 atau 13,39%. Kesimpulan yang dapat diambil dengan penerapan pendekatan scientific melalui metode diskusi terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIID.

Published
2019-11-01