UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL SISWA KELAS VIIE

  • NI PUTU PUTRI NINGSINTIA IKIP Saraswati
Keywords: Pengajaran Remedial, Aktivitas, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar melalui pengajaran remedial siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi sedangkan prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi. Pada refleksi awal aktivitas belajar siswa 1,66 dengan kategori kurang aktif, pada siklus I sebesar 2,26 dengan kategori cukup aktif dan siklus II sebesar 3,30 dengan kategori aktif maka terjadi peningkatan sebesar 1,04 atau 46%. Pada refleksi awal prestasi belajar siswa adalah 67,03 pada siklus I sebesar 59 sebelum melakukan pengajaran remedial dan siklus II sebesar 82 setelah melakukan pengajaran remedial terjadi peningkatan sebesar 23 atau 39%. Disimpulkan bahwa pengajaran remedial dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Disarankan kepada guru untuk melakukan pengajaran remedial agar siswa dapat memenuhi kreteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Published
2019-11-01