PENERAPAN STRATEGI STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

  • Ni Made Rismawati IKIP Saraswati
Keywords: strategi STAD, aktivitas dan prestasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui strategi  students teams achievement division pada siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sampai dua siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data aktivitas yang dikumpulkan dengan mengisi lembar kuisioner dan prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan memberikan tes pilihan ganda yang dianalisis dengan Pemodelan Rasch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII E setelah dilakukan penerapan strategi  students teams achievement division. Berdasarkan data aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 53,50 (tergolong aktif) dan pada siklus II sebesar 56,00 (tergolong sangat aktif). Prestasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II diperolah skor prestasi secara berturut-turut sebesar 66,87 dan 73,12. Dengan peningkatan rata-rata skor prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,35%.

Published
2019-11-01