PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL DAN STATUS ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PENEBEL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • NI PUTU SRI ASTUTI IKIP Saraswati
Keywords: Pendidikan Formal, Status Orang Tua, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Pendidikan salah satu aspek terpenting bagi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) karena dapat menciptakan manusia yang produktif dan berprestasi di tengah-tengah tuntutan masyarakat yang semakin kompleks dan persaingan semakin ketat. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar anak didik adalah lingkungan keluarga terutama pendidikan formal dan status orang tuanya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ada atau tidaknya pengaruh pendidikan formal dan status orang tua terhadap prestasi belajar matematika.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Penebel pada semester II tahun Pelajaran 2018/2019. Sampelnya adalah siswa kelas XI yang dipilih secara Systematic Random Sampling yang berjumlah 90 orang. Yang diteliti dalam penelitian ini adalah pendidikan formal dan status orang tua serta prestasi belajar matematika dengan melihat nilai rapor.Hasil penelitian adalah ada pengaruh positif pendidikan formal dan status orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Penebel tahun pelajaran 2018/2019 yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,217 yang artinya sebesar 21,7%.

Published
2019-11-01