UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA

  • Bagus Dharma Gita Kerta Yoga IKIP Saraswati
Keywords: Kata kunci : tutor sebaya, partisipasi, prestasi belajar

Abstract

           Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi untuk mengetahui partisipasi belajar siswa, dan melalui tes prestasi belajar berupa 10 soal objektif yang dihimpun dari soal-soal ujian nasional untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan model rasch winsteps. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa, yaitu dengan persentase peningkatan skor rata-rata sebesar 60,71% dari 16,8 pada siklus I menjadi 27 pada siklus II. Begitu pula untuk prestasi belajar matematika siswa. Terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 10.09% dari 72,67 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut diatas dapat simpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran tutor sebaya, dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019. Diharapkan strategi pembelajaran tutor sebaya dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran matematika oleh para guru.

 

 

Published
2019-11-01