Penerapan Model Pembelajaran Gagnon And Collay Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Biologi Siswa

  • Made Ayu Astuti IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Gagnon and Collay, Aktivitas belajar, Prestasi belajar

Abstract

ABSTRAK

 

Rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Melalui penerepan model pembelajaran Gagnon and Collay diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas siswa; (2) meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 Semester 1 SMA Negeri 1 Kerambitan Tahun Pelajaran 2018/2019, jumlah siswa 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar Biologi siswa. Pada refleksi awal rata-rata aktivitas siswa 23,82 (kurang aktif) sedangkan prestasi belajar rata-rata 49,82 (kurang). Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa sebesar 30,25 (cukup aktif) dengan peningkatan dari refleksi awal sebesar 71,22%, sedangkan prestasi belajar rata-rata 72,32 dengan kategori cukup terjadi peningkatan dari refleksi awal sebesar 45,16%. Pada siklus II rata-rata aktivitas belajar meningkat menjadi 36,71 (Aktif) dengan peningkatan sebesar 17,91% dari siklus I, sedangkan prestasi belajar rata-rata 81,86 (baik) dengan peningkatan sebesar 13,18%.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Gagnon and Collay dapat meningkatkan aktivitas dan pretasi belajar siswa. Melalui hasil penelitian ini, guru diharapkan untuk memilih model pembelajaran Gagnon and Collay agar motivasi untuk belajar meningkat dan aktivitas serta pretasi belajar akan meningkat juga.

 

Published
2019-11-01