IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESSIGATION DISKUSI MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA

  • Melkianus Meta Meha Nggengga IKIP Saraswati
Keywords: Kata kunci: Model pembelajara GI, Diskusi, aktivitas dan hasil belajar

Abstract

ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitsa dan hasil belajar Ipa siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019 melalui impementasi model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) Berbasis diskusi. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, sedangkan prestasi belajar siswa menggunakan tes hasil belajar. Nilai Rata-rata aktivitas belajar siswa pada refleksi awal mencapai 24,29 dengan kategori kurang aktif, pada siklus I menjadi 29,2 berada pada kategori Cukup Aktif dan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa menjadi 34,48 berada pada kategori Aktif. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada refleksi awal mencapai 69,03, sedangkan pada siklus I 73,87 dan pada siklus II menjadi 79,35. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa Daya Serap Siswa pada refleksi awal mencapai 69,03%, siklus I mencapai 73,87% dan siklus II mencapai 79,35%. Ketuntasan Klasikal pada Refleksi Awal 38,71%, siklus I menjadi 64,51% dan siklus II mencapai 96,77%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatig Group Investigation (GI) berbasis diskusi dapat Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019.

Published
2019-11-01