PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII A SEMESTER II MTS AL-AMIN TABANAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • harison jefrianto lende Ikip Sarawati
Keywords: Model pembelajaran PBL, Pendekatan kontekstual, aktivitas dan prestasi belajar

Abstract

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII A MTS AL-AMIN Tabanan melalui penerapan model pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A MTS AL-AMIN Tabanan tahun pelajaran 2018/2019. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa. Perangkat pelajaran yang digunakan yaitu RPP, LKS dan Kuisioner. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran PBL  menunjukan kategori sangat tinggi. Nilai rata – rata aktivitas siswa pada refleksi awal 46,04 berada dikategori rendah, pada siklus I 64,79 berada pada kategori tinggi dan pada siklus II 81,66 pada kategori sangat tinggi. Daya serap siswa pada refleksi awal 72,70%, pada siklus I 78,54% dan Pada siklus II 82,08%. Ketuntasan klasikal pada refleksi awal 66,66%, pada siklus I 83,33% dan pada siklus II 87,5% berarti terjadi peningkatan. Rata – rata prestasi belajar siswa dari refleksi awal ke siklus I meningkat 5,84% dan dan dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 3,54%. Dari kategori kurang pada refleksi awal menjadi cukup pada siklus I dan menjadi kategori baik pada siklus II.

Published
2019-11-01