Improving Listening Comprehension Through Pop Song to the Eighth Grade at SMP Negeri 2 Kediri

  • Ngurah Pratama IKIP Saraswati
  • Gusti Ayu Sukraningsih
  • Putu Eka Septiari
Keywords: Meningkatkan, pemahaman mendengarkan, lagu pop

Abstract

Kegiatan mendengarkan membutuhkan dalam konteks akademik di mana siswa harus berurusan dengan pemahaman mendengarkan di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman menyimak melalui lagu pop kepada siswa kelas delapan di SMP Negeri 2 Kediri. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah satu guru bahasa Inggris dan 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, tes, dan angket. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa pemahaman mendengarkan melalui lagu pop untuk siswa kelas delapan di SMP Negeri 2 Kediri meningkat dengan memperhatikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan masing-masing dengan persentase 7,6% dan 5,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan lagu-lagu pop efektif untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan siswa.

Published
2020-10-19