IMPROVING STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION BY USING AUDIO LINGUAL METHOD TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 6 PUPUAN

  • i wayan Agus Kanedi IKIPSaraswati
  • Gusti Ayu Gede Sukraningsih
  • Ni putu Desi Wulandari
Keywords: Kunci: Metode Audio Lingual, pemahaman, mendengarkan

Abstract

ABSTRAK

 

          Belajar adalah proses interaksi antara siswa dan guru dan sumber belajar dari lingkungan belajar. Salah satu metode yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran keterampilan mendengarkan adalah metode audio-media. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pemahaman mendengarkan siswa sebelum dan sesudah menggunakan Metode Audio Lingual. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kelas (PTK). Subjek penelitian ini terdiri dari 40 siswa kelas VIII A di SMP Negeri 6 Pupuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis, hasil menunjukkan bahwa dalam studi pendahuluan, peneliti menemukan bahwa skor siswa rendah. Hanya ada 4 siswa di antara 40 siswa yang bisa lulus tes dalam studi pendahuluan. Dari siklus pertama, peneliti menemukan bahwa kemampuan siswa dalam meningkatkan pemahaman mendengarkan. Ada 12 siswa yang lulus tes menyimak. Pada siklus kedua, ada 34 atau 85% siswa yang lulus tes dan hanya 6 siswa yang gagal. Metode Audio Lingual memiliki pengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengarkan pemahaman dalam post-test. Ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mendengarkan pemahaman. Selain itu, mengajar mendengarkan dengan menggunakan metode ini menarik perhatian siswa dalam meningkatkan pemahaman mendengarkan mereka. Peneliti disarankan untuk melakukan penelitian serupa lainnya dalam keterampilan bahasa lain atau bidang bahasa lain untuk mengetahui sejauh mana strategi menebak dapat digunakan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa

Published
2020-10-19