MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERPENDEKATAN SAINTIFIK

  • edeltrudis suryani IKIP Saraswati
Keywords: Kata kunci : Pembelajaran pemecahan masalah, pendeketan saintifik, aktivitas, belajar IPA

Abstract

Sejauh ini guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran siswa masih   kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Hal ini cenderung membuat siswa menjadi cepat bosan dan kurang bersemangat mengikuti pelajaran. Kurangnya aktivitas belajar menyebabkan prestasi belajar siswa menjadi menurun. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) dengan pendekatan Saintifik  dalam upaya siswa akan aktif melakukan percobaan untuk memecahkan masalah sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020 dalam memecahkan masalah meningkat. Jenis penelitian ini adaalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tabanan pada semester I (ganjil) tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian tindakakan kelas ini dipilih siswa kelas VII B yang berjumlah 31 Orang. Objek yang diteliti adalah aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII B di SMP Negeri 3 Tabanan melalui penerapan model pembelajaran pemecahan masalah  dengan pendekatan saintifik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Kuantitatif. Dimana penulis akan menampilkan data hasil penelitian secara sistematis, terstruktur, sarta terperinci. Hasil penelitian diperoleh nilai rata rata aktivitas belajar siswa (B) pada siklus I mencapai 2,51 sedangkan pada siklus II mencapai 3,23. Jika dibandingkan maka terjadi peningkatan sebesar 0,72 atau sebesar 28,7%. Sedangkan nilai rata rata prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 73,10 sedangkan pada siklus mencapai 81,38. Terjadi peningkatan sebesar 8,28 (11,3%). Kesimpulannya, melalui penerapan model pembelajaran pemecahan masalah berpendekatan saintifik  dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020 pada materi Klasifikasi makhluk hidup dan ciri ciri pada makhluk hidup.

Published
2020-10-19