IMPROVING SPEAKING ABILITY THROUGH MIND MAPPING TECHNIQUE TO THE SEVENTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 2 KEDIRI

  • Putu Melta Widya Utami IKIP SARASWATI
  • Gusti Ayu Gede Sukraningsih
  • Ni Putu Desi Wulandari
Keywords: Penigkatan, kemampuan berbicara, mind mapping

Abstract

Bahasa inggris merupakan factor utama yang berperan penting dalam komunikasi. Teknik yang digunakan guru dalam mengajar kemampuan berbicara sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berbicara para siswa. Salah satu teknik yang dapat digunakan guru dalam mengajar kemampuan berbicara adalah mind mapping yang dapat membantu para siswa dalam melatih kemampuan berbicara agar dapat mengeksperesikan ide-ide nya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Keidiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ruang kelas. Subjek yang digunakan di dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuisioner, tes dan penilaian tugas. Data yang didapat dari peneilitian ini dianalisis dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data analisis ditemukan bahwa :(a) pada post-test 1 presentase kemampuan berbicara para siswa meningkat dari Kriteria Kelulusan Minimum (KKM) pada kompetensi penghetahuan dari nilai pre-test yaitu 43.75% meningkat menjadi 68.75% dan pada post-test 2 meningkat menjadi 93.75%. Sedangkan pada kompetensi skill, nilai pre-test yaitu 56.25%, meningkat pada post-test 1 menjadi 68.75% dan juga meningkat menjadi 90.63% pada post-test 2. (b) terjadi peningkatan kompetensi pengetahuan dari pre-test ke post-test 1 sebesar 10.19% dan pada siklus 2 juga mengalami peningkatan dari pre-test ke post-test 2 sebesar 19.98%. kemudian pengkatan juga terjadi pada kompetensi skill dari pre-test ke post-test 1 yaitu 11.22% dan pengkatan juga terjadi dari pre-test ke post-test 2 pada kompetensi skill yaitu 19.95%. kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik mind mapping dapat digunakan sebagai salah satu cara dalam mengajar Bahasa Inggris.

Published
2020-10-19