AN ERROR ANALYSIS IN WRITING SHORT DIALOGUE TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 1 KERAMBITAN

  • Sinta Dewi IKIP Saraswati
  • gusti ayu gede sukraningsih
  • i made suamba
Keywords: Kata kunci: analisis kesalahan, penulisan, dan dialog singkat

Abstract

Tujuan dari tesis ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menulis dialog pendek berdasarkan masalah yang diteliti, siswa merasa bingung dengan persiapan dialog pendek. Tesis ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian tesis ini adalah siswa di SMP Negeri 1 Kerambitan. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Dari temuan di Field, peneliti menemukan 5 jenis kesalahan, yaitu: kelalaian, penambahan, misformasi, misodering, dan campuran. Kemudian, peneliti memeriksa dan menyimpulkan bahwa jumlah kesalahan terbesar adalah kesalahan informasi dengan hasil 15%. Ini karena siswa merasa bingung menerjemahkan kata-kata dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya. Siswa juga tidak dapat membedakan antara penggunaan tenses yang benar dalam mengatur dialog. Siswa juga mengaku jarang berlatih membuat paragraf dalam bahasa Inggris.

Published
2020-10-19