THE IMPLEMENTATION OF ROLE PLAY TECHNIQUE IN IMPROVING SPEAKING SKILL ABILITY TO THE NINTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 2 TABANAN

  • Dinar Aryaningsih IKIP Saraswati
  • Gusti Ayu Gede Sukraningsih
  • Ni Putu Wulantari
Keywords: Keterampilan Berbicara, Bermain Peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui teknik bermain peran. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas sembilan SMP Negeri 2 Tabanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis, ditemukan bahwa, tindakan belajar siklus I bermain peran siswa berdasarkan tema yang diberikan oleh peneliti. Beberapa siswa mengalami masalah dalam pengucapan dan kosa kata. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil skor keterampilan berbicara siswa. Sebelum penelitian selesai, nilai rata-rata pre-test siswa hanya 68,7. Nilai rata-rata meningkat pada siklus I dan siklus II yang menunjukkan nilai 72.2 dan 76.3. Sementara itu, peningkatan menuju pre-test dan post-test 1 adalah 6.5, serta peningkatan pada pre-test dan post-test II adalah 12.7. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Published
2020-12-07