IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN

  • oktavianus dona IKIP Saraswati
Keywords: Kata kunci: Model pembelajaran cooperative script, aktivitas belajar, hasil belajar.

Abstract

Rancangan penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang didahului oleh tahpan refleksi awal untuk memperoleh data awal mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative script. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasilĀ  belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative script. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada refleksi awal sebesar 49,6 dengan kategori kurang aktif, siklus I sebesar 64,2 dengan kategori cukup aktif, dan siklus II sebesar 73,4 dengan kategori aktif. Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari refleksi awal ke siklus I sebesar 29,43 %, sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,33 %. Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa pada tahap refleksi awal sebesar 54,4 dengan kategori kurang, siklus I sebesar 65,8 dengan kategori cukup, dan siklus II sebesar 77,6 dengan kategori baik. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari refleksi awal ke siklus I sebesar 20,96 %, sedangkan dari siklus I ke siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 17,93 %. Ketuntasan klasikal pada refleksi awal sebesar 20 %, siklus I sebesar 48 %, dan siklus II sebesar 88 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VII C MTs. Raudlotul Hufadz Kediri tahun pelajaran 2019/2020.

Published
2020-12-07