KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN GAGASAN DAN FAKTA MENJADI KARANGAN EKSPOSISI DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING

  • adriani reni udum IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci: kalimat, teks eksposisi, metode discovery learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif tentang kemampuan menulis khususnya kemampuan mengembangkan gagasan dan fakta dalam karangan eksposisi dengan menerapkan metode discovery learning.siswa kelas VII B MTs. Al-Amin Tabanan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Setelah data terkumpul dianalisis dengan metode analisis deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengembangkan gagasan dan fakta menjadi karangan eksposisi dengan menerapkan metode discovery learning siswa kelas VIII B MTs. Al-Amin Tabanan tahun pelajaran 2019/2020 mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata – rata kelas pada siklus I sebesar 64,70, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77,30. Dengan meningkatnya kemampuan mengembangkan gagasan dan fakta dalam karangan deskripsi,  merupakan tanda bahwa metode DISCOVERY LEARNING sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran mengembangkan gagasan dan fakta dalam karangan eksposisi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kemampuan mengembangkan gagasan dan fakta dalam karangan eksposisi dengan menerapkan metode discovery learning siswa kelas VIII B MTs. Al-Amin Tabanan terus mengalami peningkatan. Jika hal ini dikaitkan dengan hipotesis di depan maka hipotesis tersebut dapat diterima karena terbukti kebenarannya. Disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menerapkan metode discovery learning dalam pembelajaran karena telah terbukti melalui metode tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Published
2020-12-07