IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILLS ON DESCRIPTIVE TEXT BY USING TOURISM DESTINATION POSTER

  • Ni Made Windari IKIP Saraswati
  • Gusti Ayu Gede Sukraningsih
  • I Made Suamba
Keywords: Kata kunci: keterampilan menulis, teks deskriptif, poster

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada teks deskriptif  dengan menggunakan poster tujuan wisata untuk siswa kelas X di SMK Saraswati 3 Tabanan. Subjek penelitian ini yaitu 25 orang siswa yang terdiri dari 10 perempuan dan 15 laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas  dilakukan dalam dua siklus yang meliputi siklus I dan siklus II. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, penugasan projek, observasi dan kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan kualitatif dan kuantitatif data analisis. Hasil menunjukan bahwa  rata-rata skor tes pada kompetensi pengetahuan siswa dalam setiap siklus meliputi pre-test, post-test I, dan post-test II secara berturut-turut yaitu 62.44, 72.4, 79.84. Hasil peningkatan siswa dari pre-test ke post-test I yaitu 15.95% pada kompetensi keterampilan sedangkan peningkatan hasil siswa dari pre-test ke post-test II yaitu 17.34% pada kompetensi pengetahuan. Kesimpulan penelitian ini yaiu poster tujuan wisata mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa pada teks deskriptif.

 

Published
2020-12-07