PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR

  • alfonsus ra mone IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif Jigsaw II PKN, aktivitas dan prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan siklus penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Peneliti bertindak sebagai perancang tindakan, sedangkan guru bertindak sebagai pelaksana tindakan. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif. Hasil penelitian pembelajaran kooperatif Jigsaw II di kelas VII dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I jumlah siswa yang hadir sebanyak 33 siswa dan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 61,49 %. Pada siklus II minat belajar siswa meningkat menjadi sebesar 71,21 %. Sehingga terjadi peningkatan persentase aktivitas dan prestasi belajar siswa sebesar 9.72 %. Pada siklus III aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi sebesar 84,60 %. Sehingga pada siklus III terjadi peningkatan persentase aktivitas dan prestasi belajar siswa sebesar 13,39 %. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw II ini, antara lain: waktu yang terbatas, pengawasan siswa yang kurang menyeluruh, kondisi kelas yang tidak kondusif selama diskusi. Penerapan Jigsaw II dalam pembelajaran PKN di SMP N 2 Tabanan mempunyai kelebihan, yaitu dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa sehingga siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran.

Published
2020-12-07