PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA

  • ARNIATI PUNJU KAITA IKIP SARASWATI
Keywords: Model pembelajaran project based learning, pendekatan saintifik, aktivitas belajar, prestasi belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII A semester I MTs. Al-Amin Tabanan tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran project based learning dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs. Al-Amin Tabanan tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah (1) aktivitas  siswa dan (2) prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya mengenai pokok bahasan sistem pernapasan dan sistem peredaran darah pada manusia. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP dan LKS. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar siswa berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi  belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada pra siklus sebesar 49,83 berada pada kategori kurang aktif, pada siklus I 63,86 berada di kategori cukup aktif, dan pada siklus II menjadi 75,34 berada pada kategori aktif. Hal ini berarti, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 28,16 %. Sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 17,98 %. Sementara itu, rata-rata prestasi belajar siswa pada tahap pra siklus sebesar 58,81 berada pada kategori cukup. Pada siklus I, nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 72,86 berada pada kategori baik dan pada siklus II menjadi 81,66 berada pada kategori sangat baik. Hal ini berarti, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 23,89 %. Sedangkan dari siklus I ke siklus II rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,08 %. Ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 19,04 %, siklus I sebesar 61,90 % dan pada siklus II sebesar 85,71 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII A Semester I MTs. AL-Amin Tabanan tahun pelajaran 2019/2020.

Published
2020-12-07