PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • FILIFRIDUS RIYAN UMBU IKIP SARASWATI
Keywords: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah kemapuan berpikir kritis siwa pada pembelajara IPA khususnya mengenai interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dan pencemaran lingkungan. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP dan LKS. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes kemapuan berpikir krits siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat memperbaiki kualitas pembelajaran IPA di kelas VII B SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa pada setiap tahapan yang ada dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan melakukan beberapa perbaikan, diantaranya dengan membina suasana yang lebih responsif dan memperbaiki keterampilan bertanya, meningkatkan perhatian terhadap siswa, memberikan tugas tambahan pada anak dan memberikan bimbingan dengan membacakan satu per satu langkah percobaan, memaksimalkan pembagian kelompok kerja dengan cara pemerataan heterogenitas setiap kelompok dengan didasarkan pada tingkat kecerdasan, kemampuan, keterampilan, dan jenis kelamin siswa untuk setiap kelompok, serta memotivasi siswa untuk lebih banyak mengambil peran dalam proses penyampaian hasil penyelidikan kelompok penyaji. Selain itu, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dari tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II dengan perolehan nilai rata-rata masing-masing siklus secara berturut-turut sebesar 56,25 (kategori cukup), 69,79 (kategori baik), dan 86,25 (kategori baik sekali). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapa meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2019/2020.

Published
2020-12-07