PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII

  • anyelia sintia nehel IKIP Saraswati
Keywords: Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Pendekatan Saintifik, Aktivitas belajar, Prestasi belajar.

Abstract

Permasalahan pokok yang dipecahkan dalam penelitian adalah apakah metode diskusi kelompok berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020. Sementara tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan metode diskusi keolmpok dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pencatatan dokumen dan test. Setelah data terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan variabel yang diteliti dan teknik analisis inferensial untuk menguji hipotesis.Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh simpulan bahwa: (1) rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum diberikan metode diskusi kelompok berada dalam kategori cukup. (2) setelah diberikan metode diskusi kelompok perolehan rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS meningkat berada dalam kategori baik. Selanjutnya hasil analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa: Metode diskusi kelompok memiliki peranan yang signifikan untuk meningkatkan prestasi IPS pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Tabanan ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikan metode diskusi kelompok.Melalui penelitian ini diajukan saran kepada para guru khususnya guru IPS di SMP agar menggunakan metode diskusi kelompok dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS karena metode diskusi kelompok dapat menciptakan suasana belajar yang lebih bervariasi dan merangsang keterlibatan aspek fisik, emosi, dan mental siswa dalam proses belajar serta menumbuhkan sikap tanggung jawab dan keterampilan sosial bagi siswa.Di samping itu kepada guru yang sudah menerapkan metode tersebut minimal tatap dipertahankan dan lebih ditingkatkan. Selanjutnya disarankan kepada peneliti lain yang berminat dalam masalah ini agar melakukan penelitian lebih lanjut dengan mengambil populasi dan variabel yang lebih luas.

 

Published
2020-12-07