MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII

  • karolina wanung IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), LKS, aktivitas belajar, prestasi belajar.

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitian menggunakan II siklus. Dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah  siswa  kelas VII C SMPN 3 Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa terdiri dari 36 orang. Data aktivitas belajar IPA siswa ini menggunakan pedoman penilaian aktivitas belajar siswa. Data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Pada refleksi awal nilai rata-rata hasil belajar siswa  yaitu 56,6 dengan kategori kurang aktif, pada siklus 1 66,0, dengan kategori cukup aktif,dan pada siklus II 82,0 dengan kategori aktif. Sedangkan nilai rata-rata hasil aktivitas belajar siswa yaitu pada refleksi awal  26,61 dengan kategori kurang aktif, siklus 1 39,52 dengan kategori aktif, siklus II 40,05 dengan kategori sangat aktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas VII C Semester II SMPN 3 Tabanan  Tahun Pelajaran 2019/2020

Published
2020-12-07