PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN

  • matilda acina delima IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Meningkatkan Prestasi

Abstract

Peningkatan belajar IPS tersebut dapat diketahui dengan perbedaan sebelum tindakan dan setelah diberikan bentuk-bentuk tindakan yang dilakukan. Adapun kriteria standar keberhasilan yang digunakan dalam menentukan keberhasilan tindakan pada setiap siklus kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dinyatakan berhasil jika terjadi perubahan proses yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa Penelitian ini dikatakan berhasil jika siswa mencapai ketuntasan dalam belajar IPS minimal 70% keatasPenelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian lapangan, yaitu dengan melakukan teknik pengumpulan data yang berupa observasi dan angket.Obyek  penelitian disini ialah siswa kelas VIII Di MTs.AL-Amin Tabanan. Strategi menghapal yang di tempuh peneliti betul–betul efektif, dengan strategi menghafal ini peneliti mengajak siswa untuk menggali informasi sebanyak banyaknya tentang materi sebagi objek laporan sehingga pemahaman \penguasaan topik makin di miliki siswa. Selain itu, pernyataan-pernyataan yang di rancang oleh peneliti sedemikian rupa telah mampu mengiring siswa untuk menentukan pokok-pokok peristiwa pada materi yang nantinya digunakan sebagai pedoman bagi sswa ketika melakukan untuk kerja di depan kelas. Dengan menghapal baik pernyataan dari sumber peneliti atau dari siswa telah membuat siswa aktif dan bergairah belajar. Ini berarti pembelajaran yang di kelola peneliti oleh mencerminkan pembelajaran berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) sebagaimana di katakan bahwa banyak factor yang menjadi penentu mutu lulusan, salah satunya adalah bagaimana peneliti membelajarkan siswa

Published
2020-12-07