PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA KELAS IXB SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

  • Ni Desak Ketut Samiasih IKIP Saraswati
  • Dra.Ni Putu Seniwati,M.Pd
  • I Gst Agung Ayu Nova Dwi Marhaeni,S.Pd,M.Pd
Keywords: Pembelajaran berbasis proyek, keterampilan proses IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses IPA yang meliputi  mengamati, mengelompokkan/klasifikasi, menafsirkan/interpretasi, memprediksi, mengajukan pertanyaan,  hipotesis, merancang percobaan, menggunakan alat dan bahan,  menerapkan konsep dan komunikasi, siswa kelas IXB di SMP Negeri 3 Kediri  setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek yang dilaksanakan dalam dua siklus. Keterampilan proses IPA siswa diukur berdasarkan peningkatan nilai akhir keterampilan proses siswa secara individu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah : lembar observasi keterampilan proses IPA, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat diketahui bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan proses IPA siswa kelas IXB SMP Negeri 3 Kediri pada materi bioteknolog, dimana keterampilan proses IPA termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai akhir 67,23  pada prasiklus meningkat menjadi 76,13 pada siklus I dengan peningkatan 21,22% dan meningkat menjadi katagorin baik pada siklus II dengan rata-rata nilai akhir  85,32  dengan peningkatan 12,11%.

 

Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, keterampilan proses IPA

ABSTRAK

 

This study aims to determine the improvement of science process skills which include observing, grouping / classifying, interpreting / interpreting, predicting, asking questions, hypotheses, designing experiments, using tools and materials, applying concepts and communication, IXB grade students at SMP Negeri 3 Kediri after take part in project-based learning. This research is a classroom action research using a project-based learning model implemented in two cycles. The science process skills of students are measured based on the increase in the final value of individual student process skills. The research instruments used were: the science process skills observation sheet, and the student response questionnaire sheet. The data analysis technique used is descriptive technique. The results of the research that have been obtained, it can be seen that project-based learning can improve the science process skills of IXB grade students of SMP Negeri 3 Kediri on biotechnology materials, where the science process skills are included in the sufficient category with an average final score of 67.23 in the pre-cycle increasing to 76 , 13 in the first cycle with an increase of 21.22% and increased to a good category in the second cycle with an average final value of 85.32 with an increase of 12.11%.

 

Keywords: Project-based learning, science process skills

 

Published
2020-12-07