IMPROVING RECOUNT TEXT WRITING SKILL AMONG THE TENTH GRADE STUDENTS AP3 OF SMK SARASWATI 3 TABANAN BY USING PICTURE SERIES

  • Ni Made Floriantiwi IKIP Saraswati
  • I Wayan Mawa
  • Ni Putu Meri Dewi Pendit
Keywords: menulis, teks recount, seri gambar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks recount pada siswa kelas X AP3 di SMK Saraswati 3 tabanan dengan menggunakan teknik Picture Series. Pengamatan awal, masalahnya berkaitan dengan kurangnya keterampilan menulis siswa. Penelitian ini dikategorikan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas X di SMK Saraswati 3 Tabanan. Data dikumpulkan dengan menggunakan daftar observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pengamatan, telah ditunjukkan bahwa siswa tampaknya lebih percaya diri dan termotivasi untuk mulai menulis dalam istilah untuk menghasilkan ide-ide setelah menerapkan teknik Picture Series. Selain itu, peningkatan ini juga dapat dilihat dengan membandingkan nilai rata-rata dari setiap skor dari pre-test ke post-test. Sebelum penelitian dilakukan, nilai rata-rata pre-test siswa adalah 45,12. Setelah penelitian dilakukan untuk siklus 1, skor rata-rata penulisan siswa meningkat menjadi 60,37. Hasil post-test pada siklus 2 menunjukkan bahwa, nilai rata-rata tulisan siswa adalah 75,54. Dengan demikian, teknik rangkaian gambar dapat tepat untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar, terutama untuk menulis.

 

Kata kunci: menulis, teks recount, seri gambar.

 

Published
2020-12-07