EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

  • bonefasius rangga mone IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi, Aktivitas Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap Prestasi dan keaktifan Belajar terhadap pembelajaran matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-C MTs.AL.Amin Tabanan yang berjumlah 22 siswa. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan Prestasi, dan tes Keaktifitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dari Prestasi tergolong dalam kategori cukup. Keaktifan Belajar, efektivitasnya tergolong dalam kategori baikĀ  dan jika dilihat keaktifan dari aspek keterlibatan siswa juga tergolong dalam kategori cukup. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel secara umum baik. Hasil penelitiannya menunjukkan data skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I yaitu 2,73 (cukup aktif). Pada siklus II yaitu 4. (sangat aktif). Dengan demikian ada peningkatan aktivitas siswa dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu sebesar 1,02 atau 37,36%. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus II berurutan yaitu, 68,28 dan 80,. Jadi ada peningkatan sebesar 12 atau 17,57% dari siklus I ke II. Sedangkan ketuntasan klasikal dari sikus I sampai siklus II juga mengalami peningkatan yaitu 45,71% dan 100%. Dengan demikian pada siklus I sampai II secara klasikal prestasi belajar siswa telah mengalami peningkatan dan memenuhi KKM yang telah ditetapkan.

Published
2020-12-07