PERANAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS VII

  • stefanus nalung IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci : Diskusi Kelompok, Prestasi Belajar

Abstract

Dengan metode diskusi, siswa akan mempunyai kemampuan yang lebih leluasa untuk mengungkapkan dan mengembangkan kemampuan dirinya dalam suasana yang demokratis. Guru dalam hal ini lebih banyak berperan seabgai fasilitator dan dinamisator pembelajaran. Berdasarkan pengertian tersebut, maka Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020. Adapun besar populasi penelitian ini adalah 39 orang. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini terdiri atas 2 (dua) variabel yaitu variabel metode diskusi kelompok sebagai variabel bebas (independen variable) dan prestasi belajar IPS sebagai variabel terikat (dependent variabel). Hasil tes akhir menunjukkan bahwa siswa yang belum tuntas dalam kompetensi dasar tersebut berkurang yaitu 39 orang pada tes awal menjadi 16 orang. Walaupun sudah ada peningkatan, nilai yang di peroleh siswa masih tergolong sangat kurang. Secara rinci dapat di uraikan 39 orang siswa yang di tes, baru 15 orang yang tuntas.Dari implementasi tindakan II itu diperoleh hasil bahwa siswa yang dikategorikan bermasalah (belum tuntas) dalam pembelajaran IPS jumlahnya berkurang yaitu dari 16 orang pada siklus I (dengan peserta tes 39 orang) menjadi 3 pada siklus II (dengan peserta 39 orang). Dengan kata lain,siswa yang tuntas pada siklus II berjumlah 26 orang. Oleh karena itu nilai rata-rata prestasi belajar IPS siswa kelas VII setalah dilakukan prestest sebesar 58, maka nilai prestest pretasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tabanan tahun ajaran 2019/2020 Berada dalam kategori cukup kemudian setelah dilakukan post-test nilai rata-ratanya sebsesar 77,07,maka nilai post-test prestasi belajar SMP Negeri 3 Tabanan 2019/2020 berada dalam kategori baik.

 

Published
2020-12-07