The Implementation of Discovery Learning Technique to Improve Students’ Reading Comprehension on Descriptive Text

  • Made Maristia Antarini IKIP SARASWATI
  • ni made maristia antarini ni putu meri dewi pendit i wayan mawa IKIP SARASWATI
Keywords: Kata kunci : Discovery Learning, Pemahaman Membaca

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan karena masalah siswa dalam pemahaman bahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E  di SMP Negeri 1 Kerambitan . Ada 32 siswa dalam melakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca. Implementasi model discovery learning dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMP Negeri 1 Kerambitan adalah penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kegiatan (pra siklus, siklus 1 dan siklus 2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dengan teks deskriptif sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil siswa yang lulus KKM adalah 25% pada pra siklus, kemudian pada siklus 1 adalah 46,87% siswa, dan kemudian 78,12% pada siklus 2. Hal ini dapat dilihat sebelum penerapan teknik discovery learning dari pra siklus sampai siklus 2. Pada akhir siklus siswa menunjukkan peningkatan, ada 78,12% lulus KKM. Pembelajaran penemuan dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman, terutama untuk membaca teks deskriptif.

    

Published
2020-12-16