MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIIC SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 SELEMADEG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

  • I Gede Sutha Wijaya IKIP Saraswati
  • I Gede Sudirgayasa
  • I Made Sudiana
Keywords: Media Pembelajaran Multimedia, Discovery Learning, Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

 

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS  VIIC SEMESTER GENAP

SMP NEGERI 1 SELEMADEG TIMUR

TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah  dengan media pembelajaran multimedia menggunakan model discovery learning pada siswa kelas  VIIC semester genap SMP Negeri 1 Selemadeg Timur Tahun Pelajaran 2019/ 2020 dapat meningkatkan prestasi belajar IPA.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) jenis partisipan dengan model sederhana yakni model yang terdiri atas empat komponen dalam satu siklus, yaitu (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi atau pengamatan; dan (4) refleksi.   Subyek Penelitian tindakan kelas ini melibatkan semua siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Selemadeg Timur semester 2 (dua) tahun pelajaran 2019 / 2020 sebanyak 32 orang yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 15 orang laki-laki.  Objek dari Penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Media Pembelajaran Multimedia Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas  VIIC Semester Genap SMP Negeri 1 Selemadeg Timur Tahun Pelajaran 2019/ 2020.  Instrumen Penelitian berupa RPP, Media pembelajaran multimedia, dan lembar evaluasi.  Teknik pengumpulan data melalui tes prestasi belajar siswa.  Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.  Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa siklus 1 dan siklus 2 diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) terjadinya peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar   5,95 %, (2)  ketuntasan klasikal sebesar 91%, hal ini berarti bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dengan media pembelajaran multimedia menggunakan model discovery learning.  Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan media Pembelajaran Multimedia Menggunakan Model Discovery Learning dalam pembelajaran mampu meningkatkan proses pembelajaran IPA pada siswa kelas VIIC SMPN 1 Selemadeg Timur, sehingga berimplikasi pada peningkatan prestasi belajar siswa.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran Multimedia, Discovery Learning, Prestasi Belajar

Published
2020-12-16